universitas terbaik di indonesia by university rankings universitas jurusan Bimbingan Konseling Ban-PT Peringkat Universitas di Indonesia Universitas jurusan PENDIDIKAN EKONOMI Akuntansi

Cara Memilih Anak Ayam Bangkok Usia 2 Minggu

Anak ayam bangkok banyak yang jual.  Mulai dari anak ayam bangkok yang baru menetas, usia 2 minggu hingga 1 bulan.  Sebetulnya memilih anak ayam bangkok sangat spekulatif, karena masih terjadi banyak perubahan yang terus berubah dan tumbuh hingga ayam dewasa.  Namun terkadang harus memilih anak ayam dengan berbagai alasan, misalnya karena keterbatasan dana yang hanya cukup untuk membeli 1-2 ekor anak ayam, atau tidak mau repot mengurus banyak anak ayam, atau ingin berbagi jumlah anakan paroh-parohan dengan teman.  Ada juga yang cenderung memilih anak ayam dengan trah (silsilah) yang jelas dan teruji daripada ayam muda/dewasa yang trahnya tidak jelas.


Cara memiliha anak ayam bangkok dibawah 2 minggu


  • Anak ayam bangkok dibawah 2 minggu belum tampak jelas, karena bulunya belum lengkap, dan tulang punggungnya belum kuat, sehingga masih banyak yang tampak agak membungkuk.  Yang tampak jelas hanyalah warna bulu dan perbedaan badan ayam yang besar dan yang kecil.  Jika terpaksa memilih anak ayam bangkok dibawah 2 minggu, maka pada umumnya yang dipilih adalah yang badannya besar dengan pinggang sedang s/d besar.  Sedangkan warna bulu terserah selera, atau ada pula yang tidak suka warna warni yang mirip bulu ayam kampung.   
  • Cara memilih anak ayam bangkok bisa dilakukan dengan cara yang lebih teliti lagi.  Caranya biarkan dulu ayam tersebut lapar.  Setelah itu berikan makan pur di lantai (bisa diberi alas koran).  Perhatikan persaingan anak ayam bangkok yang sedang berebut makanan, ada yang terjatuh, ada yang diam menjauh ketakutan atau mengalah, tetapi ada pula yang agresif, desak desakan, sikut sana sikut sini.  Pilihlah yang agresif dan tampak dominan.  
  • Cara memilih anak ayam bangkok selanjutnya adalah dengan memperhatikannya saat minum.  Posisi wadah minuman sebelumnya sudah diseting seimbang dengan tinggi anak ayam tersebut.  Perhatikan posisi kuda-kuda dan jari anak ayam bangkok saat berdiri minum.  Jari yang bagus adalah yang panjang, dan jari belakangnya lebih lurus ke belakang.  Jari belakang kadang tidak tersentuh lantai sehingga seperti jinjit (gerakan ayamnya cepat).  Ada ayam yang cepat minumnya ada pula yang lambat,  lebih baik pilih yang cepat.  Saat meneguk air minum, perhatikan kepalanya, ada yang kepalanya naik tinggi ke atas dengan dada dibusungkan ke depan, ada pula yang kepalanya hanya diangkat sedikit saja.  Pilih yang kepalanya dianggkat paling tinggi dan dadanya dibusungkan ke depan.

Cara memilih anak ayam bangkok diatas 2 minggu


  • Seperti sudah dijelaskan dalam memilih anak ayam bangkok di bawah 2 minggu di atas, maka untuk yang 2 minggu ke atas yang dipilih adalah yang agresif dan dominan.  Juga diperhatikan saat minum untuk memperkirakan postur ayam tersebut setelah besar nanti, yaitu yang kepalanya diangkat tinggi ke atas saat meneguk air dan posisi jari dan kuda-kuda kaki tampak stabil dan kokoh.
  • Postur anak ayam bangkok 2 minggu atau lebih sudah mulai tampak utuh karena bulu sayapnya sudah lengkap, ekor sudah mulai nongol, dan tulang punggung dan pinggang sudah lebih kuat.   Perhatikan besar badan, pinggang, panjang leher, panjang badan, tinggi badan dan posisi berdiri tegak atau datar.  Yang dipilih adalah yang badannya lebih besar dan tinggi, dengan panjang badan dan leher seimbang dan tergolong panjang, pinggang ukuran sedang-besar (tergantung selera), badan tegak, besar kepala sedang-besar (tergantung selera), kaki yang aman dipilih adalah yang besar.  
  • Bagian tubuh yang lebih rinci belum tampak jelas, misal bentuk mata, alis, jengger, paruh.  Besar otot juga belum bisa diketahui.  Kerapatan dan kekuatan tulang tiap bagian juga tidak bisa dinilai, misalnya tulang supit kloaka kadang rapat kadang bisa berubah renggang karena sangat terpengaruh oleh banyaknya makanan yang numpuk di usus atau perut anak ayam.
  • Selanjutnya yang sangat penting dalam memilih anak ayam bangkok adalah memperhatikan tulang yang bagus.  Tulang anak ayam bangkok secara umum sedikit bisa ditebak.  Tentunya yang dipilih adalah yang bertulang besar dan kokoh.  Caranya, genggam seekor anak ayam tersebut dengan satu tangan.  Genggamannya kemudian sedikit diperkuat (diremas) sehingga bisa dirasakan anak ayam yang badannya tebal, tulangnnya lebih besar dan kuat.  Juga bisa dirasakan kekuatan perlawanan anak ayam bangkok yang memberontak tidak mau digenggam.            
  • Bentuk kaki anak ayam bangkok yang belimbing atau bulat belum bisa dibedakan, karena bentuk kaki anak ayam umur beberapa minggu semuanya tampak bulat.  Tetapi potensi sisik ubed cincin di kaki, belah di jari sudah bisa kelihatan jika diteliti secara detil dengan penerangan yang jelas.  Sedangkan sisik selip belum muncul sehingga belum kelihatan.  Tetapi adakalanya sisik cincin menjadi belah/pecah setelah agak besar.  Sedangkan sisik belah dijari masih tetap sampai besar, hanya saja belum bisa dipastikan bentuk belahannya dalam atau tidak.  Sehingga bagi yang ingin cari yang sisik-sisik katuranggan sudah bisa melihatnya sebagian sejak ayam bangkok masih anakan.  
  • Warna kaki dan paruh anak ayam tampak jelas kelihatan.  Sementara warna mata masih tampak gelap, yang nantinya setelah tambah umur akan makin jelas.  Yang dipilih adalah warna tembus, yaitu sama warna kaki dan paruhnya.  Jika ada 2 warna maka dua warna juga di kaki dan di paruh.  Namun perlu diketahui bahwa warna kaki dan paruh kadang berubah drastis setelah tambah umur menjadi beberapa bulan.  Warna kaki yang semua hitam bisa berubah semuanya menjadi lebih terang, dan sebaliknya warna kaki yang tadinya kuning atau putih polos bisa semakin banyak tambahan warna gelap hitam atau coklat kelabu.

Catatan memilih anak ayam bangkok


  • Cara memilih anak ayam bangkok yang diuraikan di atas tidak membahas tentang cara membedakan kelamin jantan atau betina.  Untuk mengetahui jenis kelamin bisa dilihat pada postingan cara mengetahui kelamin anak ayam jantan atau betina.
  • Memilih anak ayam cara diatas hanya efektif jika memilih hanya beberapa ekor dari banyak anak ayam yang seumuran, sehingga bisa dibedakan keunggulannya dengan yang lainnya secara relatif. Lebih efektif lagi jika yang dipilih adalah 1-2 ekor dari satu induk sehingga bisa saling diperbandingkan.
  • Dasar-dasar memilih anak ayam bangkok sebetulnya tetap mengacu pada ciri ciri ayam bangkok aduan dewasa.  Sehingga bagi pemula perlu terlebih dahulu mengetahuinya seperti pada artikel  Ciri ciri ayam bangkok aduan bagus.

Demikian tentang cara memilih anak ayam bangkok usia 2 minggu, semoga berguna khususnya untuk para pemula.



Bagikan ke teman: WhatsApp

No comments:

Post a Comment