universitas terbaik di indonesia by university rankings universitas jurusan Bimbingan Konseling Ban-PT Peringkat Universitas di Indonesia Universitas jurusan PENDIDIKAN EKONOMI Akuntansi

Ayam tarung sisik buaya lawan ayam tunggal telur satu

GAMBARAN UMUM AYAM BANGKOK SISIK BUAYA

Sebagian penggemar ayam bangkok sudah melihat dan bahkan ada yang memiliki ayam bangkok sisik buaya. Bagi yang belum pernah memiliki dapat melihat contoh gambar katuranggan ayam bangkok sisik buaya di bawah ini.



ayam tarung katuranggan sisik buayakaturanggan ayam bangkok sisik buaya


Gambar pertama adalah koleksi ayam-bangkok-com.blogspot.co.id. Ayam tersebut masih anakan berusia 3 bulan.  Sisik buaya turun dari biangnya, jadi benar kiranya bahwa karakter anakan banyak menurun dari Biang. Gambar kedua dari sumber katurangganayam.blogspot.com. 


Katuranggan ayam bangkok bangkok sisik buaya merupakan salah satu jenis katuranggan yang paling mematikan.  Sisik buaya dicirikan adanya sisik di bawah jari atau telapak kaki. Sisik tersebut bentuknya seperti sisik pada jari bagian atas. Cukup banyak istilah/nama sisik buaya ini tergantung daerah masing-masing, misalnya sisik di telapak kaki dinamakan batu lapak dan sisik bawah jari namanya batu rante. Jumlah sisik batu rante / sisik buaya juga berbeda, ada yang semua jari dan telapak kaki seperti gambar ketiga, ada yang di jari tertentu saja seperti gambar 1 atau 2, dan ada yang hanya di telapak kaki. Mungkin ada bagusnya sisik buaya hanya pada bagian tertentu saja (tidak semua) sehingga tidak repot saat ngadu ayam laga di alas karpet.

Katuranggan ayam bangkok sisik buaya temasuk jarang dan sulit didapat. Konon katanya ayam sisik buaya ini memiliki tuah/katuranggan yang mumpuni. Karena itu harga ayam bangkok sisik buaya jadi mahal. Contohnya seorang teman memperoleh biang betina F5 (sudah turunan kelima) seharga Rp 5 juta. Contoh lain ada iklan di tokobagus yang mau beli anakan ayam bangkok sisik buaya dengan harga Rp 300 -700 rb per ekor. Soal katuranggan, penggemar ayam tarung di negara Thailand pun juga sebagian mempercayai katuranggan, sehingga ayam yang dijual di website selain menampilkan gambar fisik ayam secara keseluruhan juga memperlihatkan gambar kaki dan jari dengan jelas agar sisik kelihatan. Untuk katuranggan ayam di Thailand dapat lihat dan klik disini.

PENJELASAN LOGIS KELEBIHAN AYAM SISIK BUAYA


Tidak semua orang mempercayai katuranggan, karena beraroma mistik atau magic. Bagi yang tidak percaya, perlu penjelasan logis karena faktanya ayam bangkok sisik buaya memang unggul dalam bertarung dibandingkan lainnya yang tidak memiliki katuranggan. 

Jari atau telapak kaki ayam biasa, yang tidak memiliki sisik buaya, bisa diibaratkan seperti petinju yang menggunakan sabuk tangan, artinya bisa jadi dorongan pukulannya kuat namun tidak begitu menyakitkan karena tertahan oleh daging/otot yang lembut di telapa jari/kaki. Sedangkan ayam sisik buaya seperti petinju yang tidak memakai sarung tangan, pukulannya lebih sakit/perih karena memukul dengan benda keras yaitu sisik yang ada di bawah kaki/jari. Sisik keras yang ada ditelapak kaki ataupun bawah jari itulah yang membuat ayam bangkok sisik buaya dapat memukul ko lawan di arena ayam tarung.

TARUNG AYAM ANTAR KATURANGGAN SISIK BUAYA


Paparan berikut ini sebetulnya untuk menggambarkan kelebihan lain dari ayam sisik buaya, yang tidak hanya sekedar pukulan jari/kaki yang keras saja.  Kelebihan ayam bangkok sisik buaya diketahui setelah tarung ayam lawan ayam bertuah lainnya yaitu ayam tunggal dari satu telur induk. 
Ayam tunggal dari satu telur indukan itu adalah punya seorang teman. Ayam tersebut termasuk hebat, dan merupakan ayam terbaik yang pernah dia miliki selama bertahun-tahun menjadi  pemain tarung ayam. Ayam tersebut dari ternakannya sendiri, dari biang yang kebetulan saat itu hanya menghasilkan satu buah telor. Telor satu ini di keramin oleh ayam kampung. 

Setelah dewasa, ayam bangkok tunggal dari telor satu tersebut memiliki kelebihan. Dalam tiga kali tarung ayam di kalangan, selalu menang KO pada ronde kedua. Pada ronde pertama ayam tunggal tersebut biasanya tidak memukul, lebih banyak menghindar, berlari atau berputar-putar. Selalu konsisten dengan cara bertarung seperti itu. Memasuki ronde kedua ayam tersebut baru mau memukul dan memperlihatkan kelebihan pukulannya.  Yaitu memukul pingsan lawan pada ronde kedua. Selama tiga kali tarung ayam, semua lawannya tergeletak dan tidak sanggup bangun.  Lawannya tidak mati di tempat laga, hanya terkapar pingsan dan tidak mampu bangun.

Berikutnya tarung ayam keempat yang mengagetkan.  Seperti biasa, ayam tersebut tidak memukul pada ronde pertama. Memasuki ronde kedua, lawannya pun juga berhasil takluk dan dan terkapar. Namun kali ini berbeda, sesaat setelah lawan terkapar, ayam tunggal tersebut kembali memukul lawan yang sudah terkapar tadi.  Ini mungkin karena ayam yang terkapar tampak bergerak mau bangkit sehingga dipukul lagi oleh ayam tunggal. Namun yang terjadi selanjutnya diluar dugaan. Setelah terkapar dan terkena pukulan lagi oleh ayam tunggal, ayam tersebut malah bangkit berdiri dan lanjut bertarung.  Ayam lawan yang bangkit itu malah menjadi bringas dan semakin galak.  Memasuki ronde ketiga, tarung ayam berbalik arah, yang justru membuat ayam tunggal menjadi terdesak dan kewalahan. Pemilik ayam tunggal bertanya-tanya "kenapa ayam lawan bisa berbalik unggul, dan kenapa pula setelah terkapar bisa bangkit lagi".  Dia juga heran kenapa alas arena tarung ayam semakin kotor oleh bekas tanah. Di saat itulah dia baru menyadari bahwa ayam yang dihadapi ternyata ayam tarung sisik buaya, yang biasanya mengolesi telapak kaki ayam dengan tanah basah saat jeda istirahat.  Melihat kondisi ayam tunggal yang semakin kewalahan menghadapi lawan yang ternyata sisik buaya, maka di ronde ketiga itu dia putuskan untuk mengangkat ayamnya dan mengaku kalah.

KARAKTER NON-TEKNIS AYAM BANGKOK SISIK BUAYA


Menyimak pertarungan antara ayam tarung sisik buaya dengan ayam tunggal telur satu, dapat dibuat kesimpulan, bahwa ternyata ayam bangkok sisik buaya bukan sekedar memiliki pukulan telapak kaki/jari yang menyakitkan.  Ayam bangkok sisik buaya memiliki jiwa, semangat, atau hal-hal non-teknis lainnya yang lebih unggul dari ayam tarung umumnya.  Kelebihan jiwa dan non-teknis ayam bangkok sisik buaya inilah yang perlu dipupuk dan dibangkitkan sehingga benar-benar mampu memperagakan kelebihan katuranggan yang dimilikinya.

Demikian postingan katuranggan ayam bangkok sisik buaya, sebagai alternatif second opinion.  

Bagikan ke teman: WhatsApp

1 comment:

  1. MUDAH2AN TANJEK GAN SY PUNYA 5 EKOR SISIK BUAYA MASIH 3 BULAN

    ReplyDelete